Apa itu IP PBX?
Sebuah IP PBX adalah sarana atau perangkat telekomunikasi perusahaan dimana panggilan telepon adalah melalui jaringan data atau IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan tersebut. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih dan modern, dengan juga memberikan keleluasaan untuk pengembangan (expansi) dan tingkat kelanggengan atau lamanya penggunaan asset yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler.
Cara kerjanya :
Sebuah
sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX
dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada.
Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP,
baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel,
mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan
mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar
semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan
dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute
panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan
VOIP.
10 Keuntungan menggunakan IP PBX
1: Jauh lebih mudah untuk menginstal & mengkonfigurasi daripada sistem telepon proprietary:
Sebuah IP PBX bekerja sebagai perangkat lunak pada komputer dan dapat
memanfaatkan semua kekuatan dari antarmuka komputer serta fitur Windows
“. Siapapun yang mahir dalam jaringan dan komputer-dapat menginstal dan
memelihara sebuah PBX IP. Sebaliknya sistem telepon proprietary sering
memerlukan seorang teknisi yang terlatih pada sistem proprietary
tertentu!
2: Lebih mudah untuk mengelola karena konfigurasi IP PBX menggunakan antar muka GUI berbasis web:
Sebuah IP PBX dapat dikelola melalui antarmuka konfigurasi berbasis web
atau GUI, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudahmemelihara dan
melakukan perubahan pada sistem telepon Anda. Sistem telepon proprietary
menggunakan antarmuka yang sering dirancang untuk digunakan hanya oleh
teknisi telepon.
3: penghematan biaya yang signifikan menggunakan penyedia VOIP:
Dengan IP PBX Anda dapat dengan mudah menggunakan penyedia layanan VOIP
untuk jarak jauh dan panggilan internasional. Menghemat pengeluaran
bulanan secara signifikan. Jika Anda memiliki kantor cabang, Anda dapat
dengan mudah menghubungkan sistem telepon antara cabang dan membuat
panggilan telepon gratis.
4: Tidak perlu lagi kabel telepon!
Sebuah IP PBX memungkinkan Anda untuk menghubungkan ponsel hardware
secara langsung ke port jaringan komputer standar (yang dapat berbagi
dengan komputer yang berdekatan). Telepon perangkat lunak dapat diinstal
langsung ke PC. Anda sekarang dapat membuangkabel telepon dan membuat,
menambahkan atau memindahkanekstension jauh lebih mudah. Biasanya biaya
instalasi dan harga kabel telepon bisa mencapai 10-20 persen dari harga
PBX. Tinggalkan keruwetan kabel telepon dan buang semua biaya perkabelan
telepon.
5: Terhindar dari
ketergantungan vendor/Brand.PBX IP didasarkan pada standar terbuka SIP.
Anda sekarang dapat mencampur dan mencocokkan setiap perangkat keras
atau perangkat lunak telepon SIP dengan IP PBX berbasis SIP, PSTN
Gateway atau penyedia VOIP. Sebaliknya, sistem telepon proprietary
sering membutuhkan key telpon dan/atau ponsel eksklusif untuk
menggunakan fitur-fitur canggih, dan memerlukan modul tambahan dari
brand yang sama untuk menambahkan fitur.
6: Scalable dan Expandable
Sistem proprietary seringkali sulit di kembangkan: Menambahkan saluran
telepon atau ekstensi lebih sering membutuhkan modul perangkat keras
yang mahal. Dalam beberapa kasus, anda membutuhkan sistem telepon yang
sama sekali baru. Tidak demikian dengan IP PBX: komputer standar dengan
mudah dapat menangani sejumlah besar saluran telepon dan ekstensi –
hanya menambahkan ip phone ke jaringan Anda untuk menambah ekstensi!
7: Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Anda:
Dengan IP PBX Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik
dan meningkatkan produktivitas: Karena sistem telepon berbasis komputer
Anda dapat mengintegrasikan fungsi telepon dengan aplikasi bisnis.
Sebagai contoh: dengan Caller Id, anda dapat menerima telepon dengan
memanggil namanya, secara dramatis meningkatkan layanan pelanggan dan
pemotongan biaya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan pada setiap
pemanggil. Panggilan keluar dapat ditempatkan secara langsung dari
Outlook, menghilangkan kebutuhan bagi pengguna untuk mengetikkan nomor
telepon.
8: Dapat Fitur dobel dengan harga diskon 50%!
Karena IP PBX adalah perangkat lunak, maka lebih mudah bagi pengembang
untuk menambah dan meningkatkan fitur-fitur. Kebanyakan sistem telepon
VOIP datang dengan satu set fitur canggih, termasuk auto attendant,
voice mail, ring group, laporan pemakaiandan banyak lagi. Fitur-fitur
pilihan ini sering sangat mahal di sistemproprietary.
9
:Memungkinkan hot desking dan roamingHot desking – proses yang dapat
dengan mudah memindahkan kantor / meja didasarkan pada tugas di tangan,
telah menjadi sangat populer. PBX tradisional sayangnya mengharuskan
kita untuk memindahkan ekstensi ke lokasi/meja baru. Dengan IP PBX,
pengguna hanya mengambil telepon ke meja baru – Tidak ada pemindahan
kabel yang diperlukan!
Pengguna
dapat menjelajah juga (roaming) – jika seorang karyawan bekerja dari
rumah, ia hanya perlu menjalankan perangkat lunak telepon SIP mereka dan
mampu menjawab panggilan ke ekstensi mereka, seperti mereka berada di
kantor. Panggilan dapat dialihkan mana saja di dunia karena
karakteristik protokol SIP!
10: IP Phone lebih mudah di gunakan: telepon SIP atau IP Phone lebih mudah digunakan
Karyawan sering berjuang menggunakan fitur telepon tingkat lanjut:
Menyiapkan konferensi, mentransfer panggilan – Pada sebuah PBX tua
semuanya memerlukan instruksi khusus.
Tidak
demikian dengan IP PBX – semua fitur dapat dengan mudah dilakukan
karena menggunakan GUI / antarmuka yang user friendly. Selain itu,
pengguna dapat mengetahui status ekstensi lain, panggilan masuk dan
antrian panggilan melalui software klien Windows IP PBX. Sistem
proprietary sering membutuhkan key telpon yang mahal untuk mengetahui
apa yang sedang terjadi pada sistem telepon Anda. Bahkan, informasi
status yang di dapatkan seringkali samar.