Kita mulai dengan Pengertian IP PBX dulu yah gan IP PBX adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler
Sedangkan PABX, PABX kepanjangan dari Private Automatic Branch eXchange yaitu perangkat yang berfungsi sebagai Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung, perumahan, dll.
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah “branch” dalam kepanjangan PABX, karena “branch” atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Sebuah
sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX
dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada.
Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP,
baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel,
mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan
mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar
semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan
dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute
panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan
VOIP.
Cara kerja PABX
adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi
sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk,
maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control
station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode
tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk
masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke
tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.
Keuntungan IP PBX
Jauh lebih mudah untuk menginstal & mengkonfigurasi daripada sistem telepon proprietary
Lebih mudah untuk mengelola karena konfigurasi IP PBX menggunakan antar muka GUI berbasis web
penghematan biaya yang signifikan menggunakan penyedia VOIP
Tidak perlu lagi kabel telepon!
Terhindar dari ketergantungan vendor/Brand.PBX IP didasarkan pada standar terbuka SIP
Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Anda
Dapat Fitur dobel dengan harga diskon 50%
Memungkinkan
hot desking dan roamingHot desking – proses yang dapat dengan mudah
memindahkan kantor / meja didasarkan pada tugas di tangan, telah menjadi
sangat populer
IP Phone lebih mudah di gunakan
Kegunaan PABX
PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap
kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan.
Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui
control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke
berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak
setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur
siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu.
PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan
yang tidak semestinya.
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang
mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur
ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima
telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat
melakukan conference call menggunakan PABX.